Tips Mudah Bikin Ayam Pop Bukittinggi

Senin, 28 Mei 2018 - 10:30 WIB
Tips Mudah Bikin Ayam Pop Bukittinggi
Tips Mudah Bikin Ayam Pop Bukittinggi
A A A
JAKARTA - Menu ayam goreng khas Bukittinggi ini cukup populer bagi masyarakat Sumatera Barat. Sekilas tampilannya memang sedikit pucat dan nampak masih mentah, tapi jangan salah karena cita rasanya begitu gurih, lezat, dan tekstur dagingnya sangat empuk.

Penasaran membuatnya? Rudi Choirudin berbagi resep olahan ayam yang satu ini dalam program Rasasayange yang ditayangkan MNCTV setiap Sabtu, pukul 08.00 WIB. Berikut cara membuatnya.

Bahan 1:
1 ekor ayam pejantan / ayam kampung muda dan gemuk sisihkan kulitnya
1 sdt garam
1 sdm cuka

Bahan 2:
10 buah bawang putih halus
1 sdt Ladaku Merica Bubuk
2 sdt garam

Bahan 3:
800 ml air
2 lbr daun salam
2 btg serai, memarkan

Bahan 4: (sambal)
2 buah tomat dibelah-belah
3 sdm cabe giling padang
8 buah bawang merah potong 2-3 bagian
¼ sdt Desaku Kunyit Bubuk
1 sdt garam
5 sdm minyak kelapa untuk menumis

Bahan 5:
250 ml minyak kelapa untuk menggoreng
200 g pucuk daun singkong, direbus

Cara Membuat:
Rebus air dan sisa bahan 3 lalu masukkan bahan 2. Bumbui ayam dengan bahan 1 lalu aduk rata hingga ayam pucat kemudian masukkan ayam dalam rebusan air, tunggu sampai mendidih dan masak lagi selama 5 menit setelah itu matikan api. Sisihkan dan biarkan hingga tidak panas.

Gongso (tumis tanpa minyak) kulit ayam hingga berminyak dan harum kekuningan. Tambahkan 5 sdm minyak kelapa, tumis kulit hingga kecokelatan lalu masukkan sisa bahan 4, tumis hingga tomat hancur dan matang.

Masukkan semua bahan sambal dalam blender dalam keadaan panas, blender hingga hancur dan lembut. Sisihkan. Setelah ayam dingin lalu angkat dari airnya kemudian tiriskan sesaat.

Panaskan minyak kelapa hingga cukup hangat untuk menggoreng ayam. Masukkan ayam lalu goreng dengan suhu 80° C hingga cukup panas saja tidak sampai menjadi kekuningan. Angkat dan sajikan dengan sambal dan lalap daun singkong rebus.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3394 seconds (0.1#10.140)